analisa budget bulanan keluarga

Setelah teman - teman berhasil membuat budget bulanan berdasarkan kebutuhan kamu dan keluarga, maka kamu perlu melakukan analisa budget bulanan keluarga tersebut. Hal ini sangat perlu dilakukan jika ternyata budget bulanan lebih besar daripada penghasilan. Dan untuk kamu yangmana ternyata budget bulanan lebih kecil daripada penghasilan, tetap memerlukan analisa budget.

Menurut saya hal - hal yang harus dilakukan dalam menganalisa budget bulanan ini, sebagai berikut :
  1. Perhatikan urutan kepentingan dari kebutuhan kamu, lakukan menurut prioritas kamu, dalam menentukan hal ini tergantung dari kehidupan kamu dan keluarga.
  2. Lakukan anggaran secara minimal untuk setiap kebutuhan kamu, namun tidak membuat kamu dan keluarga kamu menderita dalam menjalani kehidupan sehari - hari.
  3. Hilangkan kebutuhan yang ternyata memang tidak diperlukan dalam kehidupan sehari - hari atau yang ternyata dalam analisa lanjutan ini kebutuhan tersebut adalah keinginan. 
  4. Lakukan analisa budget ini bersama dengan pasangan hidup kamu.
  5. Patokan utama yang digunakan untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan, kamu bisa lihat disini
Tujuan utama  dalam melakukan analisa budget bulanan ini adalah mengusahakan kamu dan keluarga hidup hemat sehingga kamu bisa menabung, semua ini dilakukan demi tercapainya tujuan dan impian hidup kamu, demi masa depan yang lebih baik. 


Namun kamu harus lakukan analisa budget ini secara berkala karena kehidupan kita akan berubah setiap waktu sehingga kebutuhanpun akan berubah. Dan hal terpentng adalah disiplin menjalankan budget bulanan yang telah kamu buat ini.


Semoga informasi ini dapat berguna untuk teman - teman. Dan saya sangat berharap serta menghargai kepada teman - teman yang dapat berbagi tips dan trik dalam analisa budget bulanan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar