beda kebutuhan dan keinginan

Dalam melakukan belanja keuangan kita haruslah bisa beda kebutuhan dan keinginan. Mungkin banyak diantara teman - teman yang dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan.


Sebagai contoh, menurut kamu, jika ada sebuah keluarga sederhana dengan penghasilan bulanan sebesar Rp 4 juta, mana yang menjadi kebutuhan atau keinginan, makanan atau televisi?
Tentunya yang menjadi kebutuhan adalah makanan.


Teman - teman, menurut saya, pengertian kebutuhan adalah hal - hal yang harus dipenuhi sehingga kelangsungan hidup kita tidak terganggu, jika tidak dipenuhi maka kehidupan kita akan terganggu, sedangkan pengertian keinginan adalah hal - hal yang baik dipenuhi atau tidak dipenuhi, kelangsungan hidup kita tidak akan terganggu.


Macam - macam kebutuhan setiap orang atau keluarga berbeda - beda, banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, seperti tingkat ekonomi, budaya, penghasilan, pendidikan, agama dan lain - lain. Jadi buatlah daftar kebutuhan kamu dan keluarga secara terperinci dalam setiap bulannya. Urutkan berdasarkan tingkat kepentingannya berdasarkan kepentingan kelangsungan kehidupan kamu dan keluarga. Dengan membuat daftar kebutuhan kamu dalam setiap bulannya maka kamu telah membuat budget atau anggaran rumah tangga kamu sendiri. 


Semoga informasi ini dapat berguna untuk teman - teman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar