waktu yang tepat untuk investasi

setelah mengerti tentang investasi, menjadi pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk investasi? Semua ini tergantung kepada kamu, namun menurut saya, sekaranglah waktu yang tepat untuk melakukan investasi.

Setelah kamu menentukan tujuan untuk berinvestasi, dan mendapatkan informasi yang jelas   tentang investasi yang akan dijalankan dan resiko yang dihadapi, tentukan jenis investasi apa yang akan dijalankan, jenis investasi ini akan saya bahas dikemudian hari. Maka segeralah untuk berinvestasi, semakin cepat semakin baik, itu jika kamu mempunyai dana yang cukup untuk berinvestasi.

Namun bagaimana jika belum mempunyai dana yang cukup untuk investasi? Cara yang terbaik menurut saya adalah dengan menabung dahulu, cara menabung, yang telah saya bahas pada posting terdahulu di blog ini. Menabunglah namun jangan simpan uang kamu terlalu lama di bank. Maaf bukan saya katakan bahwa menabung di bank itu tidak baik, dengan menabung dibank terlalu lama maka nilai uang kita akan berkurang setiap tahunnya karena adanya inflasi. Besar bunga yang didapat dari menabung dibank lebih kecil daripada tingkat inflasi yang terjadi.

Menabung dibank sangat baik, dan ini hanya digunakan sebagai dana cadangan untuk cash flow atau sebagai cadangan dana darurat seperti untuk membiayai kebutuhan beberapa bulan kedepan, yang dapat kita pakai untuk memenuhi kebutuhan hidup jika terjadi hal - hal yang tidak di inginkan terjadi dalam hidup kita ataupun untuk biaya pengobatan untuk anggota keluarga yang sakit.

Cara yang lain dalam mendapatkan dana untuk berinvestasi adalah dengan hutang. Namun dalam menggunakan hutang untuk berinvestasi harus dengan bijaksana,  seperti untuk membeli aset berupa properti, yangmana dapat digunakan untuk menghasilkan uang seperti di sewa atau di kontrakan, sehingga hasil yang didapat dari sewa atau di kontrakan itu dapat membantu untuk membayar cicilan hutang.
Jangan menggunakan hutang untuk berinvestasi pada investasi yang mempunyai resiko yang tinggi seperti saham.

Saya sangat berharap informasi ini dapat berguna untuk teman - teman dan bagi teman - teman yang mau berbagi informasi atau berkomentar, silahkan kamu berikan pada kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar