pengertian dan tips investasi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang investasi, teman - teman harus mengerti dahulu tentang investasi itu sendiri dan beberapa tips dalam berinvestasi. Investasi adalah penanaman dari uang yang kita miliki dalam jangka waktu tertentu dengan harapan uang kita akan bertambah dan dalam investasi ini juga mempunyai resiko tersendiri.


Nah teman - teman bisa lihat khan pengertian dari investasi, jadi dalam melakukan investasi ini dapat dilakukan pada semua hal, tergantung dari modal yang dimiliki, pengalaman dalam bidang investasi yang akan dijalani, resiko yang telah siap kamu terima. Dalam melakukan investasi ini dapat saya kategorikan menjadi 2, yaitu investasi aktif maupun pasif.

Arti investasi aktif adalah kamu turut serta dalam pengelolaan investasi kamu, sehingga banyak hal yang harus dipertimbangkan disini, seperti modal yang harus dikeluarkan, waktu yang kamu sediakan untuk menjalani / mengelola investasi kamu, pengalaman atau ilmu yang kamu miliki, sumber informasi yang up to date untuk menunjang kemajuan investasi kamu, sumber bahan baku yang murah, dan lain - lain. Investasi aktif ini dalam pengertian banyak orang adalah sebagai usaha atau wirausaha.

Arti investasi pasif adalah kamu tidak turut serta dalam pengelolaan investasi kamu, sehingga investasi ini sangat mudah dijalankan untuk kita, yangmana kita tidak memerlukan waktu dalam mengelola investasi, namun ada hal yang harus dipertimbangan juga, seperti keamanan investasi kita, tingkat bunga yang didapat, besaran modal yang ditanamkan dan lain - lain.

Dan jika dilihat dari segi resiko, maka investor, adalah orang yang melakukan investasi, dapat dibagi menjadi 3 kategori, sebagai berikut :
  1. Tipe Konservatif, adalah orang yang berani mengalami resiko kecil dengan tingkat keuntungan / bunga yang kecil pula.
  2. Tipe Agresif, adalah orang yang berani menghadapi  resiko besar dengan tingkat keuntungan / bunga yang besar pula.
  3. Tipe Balance, adalah orang yang berani menghadapi resiko yang sedang dengan tingkat keuntungan / bunga yang sedang pula.
Alasan - alasan mengapa harus melakukan investasi, sebagai berikut :
  1. Produktivitas seseorang mengalami penurunan.
  2. Adanya inflasi
  3. Untuk memenuhi kebutuhan hidup jangka panjang, seperti untuk pensiun, pendidikan anak - anak, naik haji, dan lain - lain 
  4.  Merubah hidup dari seorang karyawan menjadi seorang investor
Sebelum kamu melakukan investasi, ada beberapa tips dalam melakukan investasi. sebagai berikut :
  1. Tujuan kamu untuk berinvestasi, apakah untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek atau panjang.
  2. Resiko yang harus dihadapi.
  3. Mengumpulkan informasi tentang investasi yang mau dijalankan.
  4. Kesiapan dalam diri jika menghadapi skenario investasi yang paling buruk.
  5. Melakukan diserfikasi pada beberapa bentuk investasi.
  6. Melakukan pemantau, menganalisa dan evaluasi investasi yang ada.
  7. Kelola resiko yang akan dihadapi dengan baik.
Demikianlah pengertian dan tips berinvestasi, semoga informasi ini dapat berguna untuk teman - teman.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar